Monday, July 29, 2013

Tugas PEMERINTAH DAERAH untuk Mempromosikan Ficus benjamina Beringin DOLAR

Beringin putih (Ficus benjamina var varigata.) merupakan salah satu spesies yang memiliki nilai ekologi sangat tinggi, selain berfungsi sebagai pencegah erosi tanah dan penyimpan cadangan air juga merupakan tanaman yang sangat disukai sebagai habitat satwaliar.
Pohon ini merupakan sumber pakan dan bersarang untuk beberapa jenis burung, serangga, reptilia, ampibia dan mamalia. Akar gantung pohon beringin selain bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit juga merupakan tempat bermain untuk beberapa jenis primata.
Pada kawasan hutan hujan tropis tanaman dibiarkan tumbuh secara alami tanpa bantuan manusia seperti halnya pohon beringin putih dapat tumbuh dengan sendirinya. Karena proses penyebarannya di alam merupakan peran dari satwaliar yang memakan bijinya. Satwa yang berperan besar dalam proses penyebaran beringin di alam adalah beberapa jenis burung pemakan biji dan primata.
Pada pohon beringin terjadi suatu interaksi biotik yang sangat komplek. Interaksi tersebut merupakan hubungan simbiosis mutualisme antara sesama spesies yang ada di situ. Sehingga dapat dikatakan, pohon beringin merupakan salah satu indikator untuk hutan yang dalam kondisi klimaks atau dalam proses suksesi menuju klimaks. Setiap jenis pohon yang ada di permukaan bumi mengandung manfaat yang cukup besar yang terkadang tidak kita sadari, salah satunya jensi Ficus benjamina var varigata yang selama ini keberadaannya sudah mulai berkurang. Untuk itu agar jenis yang memiliki banyak manfaat ini tidak punah maka diperlukan usaha konservasi sumber daya genetik tanaman hutan jenis ini dengan baik.
Beberapa usaha yang dapat dilakukan dalam upaya tersebut dapat ditempuh dengan cara :
  1. Pelestarian in situ pada beberapa kawasan pelestarian berupa Taman Nasional dan Cagar Alam serta Hutan Lindung bahkan Hutan Produksi.
  2. Pelestarian Ex- situ yang dapat dilaksanakan pada Lembaga Penelitian, Universitas, BUMN/BUMS kehutanan dengan menggunakan perpaduan teknologi berupa pengkayaan biji dan benih.

No comments:

Post a Comment